Saturday, August 16, 2014

Pengertian Harddisk dan Fungsinya

Pengertian Harddisk dan Fungsi harddisk
Bagian - Bagian Harddisk
Pengertian Harddisk dan Fungsinya 
Syurga Komputer – Pada kesempatan yang baik ini , Syurga Komputer akan membahas mengenai salah satu bagian Hardware Komputer yaitu Hardisk . Harddisk  merupakan komponen penting dalam komputer , pada artikel ini kita akan menjelaskan tentang pengertian Harddisk dan Fungsi Harddisk . Tidak itu saja, Syurga Komputer akan membahas mengenai macam – macam Harddisk.

oh iya , Harddisk sebetulnya ada dua yaitu Harddisk internal dan Harddisk eksternal ,ingin tahu lebih tentang keduanya. baca dulu pengertian harddisk.

Mari kita membahas satu persatu .

A. Pengertian Hardisk

Sebuah harddisk merupakan bagian integral dari peralatan untuk komputer Anda sebagai sistem operasi Anda dan semua data Anda biasanya tersimpan di sana. Dalam sebagian besar situasi, jika Anda tidak memiliki hard drive bekerja, atau malfungsi hard drive, Anda tidak akan bisa boot komputer Anda ke dalam sistem operasi dan akan mendapatkan error. Jika Anda membuka casing komputer Anda dan ingin menemukan harddisk Anda,

B. Cara Kerja Harddisk

Jika Anda adalah untuk membuka hard drive Anda, yang akan segera membatalkan garansi Anda dan berpotensi merusak, Anda akan melihat sesuatu seperti gambar di bawah ini:

Sebuah hard drive terdiri dari:

  • Piring-piring magnetik - Platters adalah piring bulat dalam gambar di atas. Setiap piring memiliki sejumlah informasi, sehingga drive dengan banyak penyimpanan akan memiliki lebih dari satu piring-piring dengan penyimpanan kurang. Ketika informasi disimpan dan diambil dari piring-piring itu dilakukan agar dalam lingkaran konsentris yang disebut track, yang selanjutnya dipecah menjadi segmen yang disebut sektor.
  • Arm -  bagian mencuat keluar atas piring-piring. Lengan akan berisi membaca dan menulis kepala yang digunakan untuk membaca dan menyimpan informasi magnetik ke piring-piring. Setiap piring akan memiliki lengan sendiri yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari itu.
  • Motor - Motor digunakan untuk memutar piring-piring dari 4.500 hingga 15.000 rotasi per menit (RPM). Semakin cepat RPM drive, kinerja yang lebih baik Anda akan mencapai dari itu.

Ketika komputer ingin mengambil data dari hard drive, motor akan berputar ke atas piring-piring dan lengan akan bergerak sendiri ke posisi yang sesuai di atas piring di mana data disimpan. Kepala lengan akan mendeteksi bit magnetik pada piring-piring dan mengubahnya menjadi data yang sesuai yang dapat digunakan oleh komputer. Sebaliknya, ketika data dikirim ke drive, kepala akan kali ini, kirim pulsa magnetik pada mengubah sifat magnetik dari piring piring-piring, dan dengan demikian menyimpan informasi Anda.

Hal ini penting untuk dicatat, bahwa sejak data yang disimpan pada hard drive Anda adalah magnet, itu bukan ide yang baik untuk bermain dengan magnet dekat hard drive Anda :)

C. Macam – Macam Harddisk

Sebuah hard drive terhubung ke komputer Anda melalui jenis tertentu antarmuka. Antarmuka pada hard drive Anda harus sesuai dengan antarmuka yang sesuai pada motherboard Anda. Jika Anda membeli hard drive baru yang memiliki antarmuka yang motherboard Anda tidak mendukung, itu tidak akan berhasil di komputer Anda. Saat ini ada tiga interface yang telah menjadi standar untuk menghubungkan hard ke komputer Anda. Beberapa informasi tentang masing-masing interface ini di bawah ini.

  • IDE atau ATA - ini saat ini antarmuka yang paling umum digunakan tetapi dengan cepat menjadi diatasi dengan interface SATA yang lebih baru. Hard drive menggunakan jenis antarmuka memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.
  • SATA - Sebuah antarmuka baru yang menggunakan kabel kurang besar dan memiliki kecepatan mulai dari 150 Mbps untuk SATA dan 300 Mbps untuk SATA II. Hampir semua produsen komputer sudah mulai menggunakan drive SATA.
  • SCSI - Jenis antarmuka biasanya digunakan dalam lingkungan bisnis untuk server. Hard Drives dirancang untuk antarmuka SCSI cenderung memiliki RPM yang lebih cepat yang karenanya memberikan kinerja yang lebih baik.
Bagaimana ? apakah sudah semakin tahu tentang harddisk , jika belum paham silahkan post komentar anda di bawah artikel ini. Semoga Artikel Pengertian harddisk ini dapat bermanfaat..
Sampai Jumpa . terima kasih... 


Artikel Terkait

Pengertian Harddisk dan Fungsinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email